RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMPN 5 SAJOANGING
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas, Semester : VII (Tujuh), Genap
Materi Pokok : Aritmetika Sosial
Alokasi Waktu : 3 Jp
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas, Semester : VII (Tujuh), Genap
Materi Pokok : Aritmetika Sosial
Alokasi Waktu : 3 Jp
Setelah menyimak pembelajaran, peserta didik dapat :
1.
Mengenal fenomena atau aktivitas
yang terkait dengan aritmetika sosial (penjualan, pembelian, potongan,
keuntungan, kerugian, bungatunggal, persentase, bruto, neto, tara)\
2.
Memahami keuntungan dan
kerugian
3.
Menghitung
nilai untung atau rugi dari proses perdagangan.
4.
Menyelesaikan
masalah nyata yang berkaitan dengan jual beli.
B. Media
Pembelajaran&SumberBelajar
Media:
Lembar Kerja Kelompok
Sumber Belajar:
© Buku
Pedoman Guru Mapel Matematika Kelas VII Kurikulum 2013 Revisi 2017
© Buku
Pegangan Siswa Mapel Matematika Kelas VII Kurikulum 2013 Revisi 2017
C.
Kegiatan
Pembelajaran
KegiatanPendahuluan (15 Menit)
|
||
Melakukan pembukaan dengan
salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta
didik sebagai sikap disiplin
|
||
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan
materi selanjutnya.
|
||
Menyampaikan motivasi tentang
apa yang dapatdiperoleh (tujuan&manfaat) dengan mempelajari materi :
Keuntungan dan
kerugian
|
||
Menjelaskan hal-hal
yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang
akan ditempuh,
|
||
KegiatanInti ( 90 Menit )
|
||
Kegiatan
Literasi
|
Peserta didik diberi motivas
idan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali bacaan
terkait materi Keuntungan dan kerugian
|
|
Critical
Thinking
|
Guru memberikan kesempatan
untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari
pertanyaan factual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini
harus tetap berkaitan dengan materi Keuntungan dan kerugian
|
|
Collaboration
|
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasimengenai Keuntungan
dan kerugian
|
|
Communication
|
Peserta didik mempresentasikan
hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas
presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu
yang mempresentasikan
|
|
Creativity
|
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Keuntungan
dan kerugian
Pesertadidik kemudian diberi
kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami
|
|
KegiatanPenutup (15 Menit)
|
||
Peserta didik membuat rangkuman/simpulan
pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan.
|
||
Guru membuat rangkuman/simpulan
pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan.
|
||
D.
Penilaian
1.
Pengetahuan
Tertulis
Uraian
(Lihat lampiran),
2.
Keterampilan
Penilaian
Unjuk Kerja/Penilaian Portofolio
Sakkoli, 2020
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
HUSNAENI, S.Pd. SELLY
TRIANI RESKI, S.Pd.
NIP. 19720727 199803 2 011 NIP. 19930205 201902
2 004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMPN 5 SAJOANGING
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas, Semester : VII (Tujuh), Genap
Materi Pokok : Aritmetika Sosial
Alokasi Waktu : 2 JP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas, Semester : VII (Tujuh), Genap
Materi Pokok : Aritmetika Sosial
Alokasi Waktu : 2 JP
A.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah menyimak pembelajaran, peserta didik dapat :
1.
Mengenal fenomena atau aktivitas
yang terkait dengan aritmetika sosial (penjualan, pembelian, potongan,
keuntungan, kerugian, bungatunggal, persentase, bruto, neto, tara)\
2.
Menentukan bunga tunggal dan pajak
3.
Mengkomunikasikan
pengetahuannya tentang pengertian bunga tunggal
4.
Menggunakan
konsep bunga tunggal untuk menyelesaikan
masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari
5.
Menyelesaikan
permasalahan yang terkait dengan bunga
tunggal
B. Media
Pembelajaran&SumberBelajar
Media: Lembar Kerja Kelompok
Sumber Belajar:
© Buku
Pedoman Guru Mapel Matematika Kelas VII Kurikulum 2013 Revisi 2017
© Buku
Pegangan Siswa Mapel Matematika Kelas VII Kurikulum 2013 Revisi 2017
C.
Kegiatan
Pembelajaran
KegiatanPendahuluan (15 Menit)
|
|
Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan
pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.
|
|
Menyampaikan motivasi
tentang apa yang dapatdiperoleh (tujuan&manfaat) dengan mempelajari
materi :
Bunga Tunggal, Diskon
dan Pajak
|
|
Menjelaskan hal-hal
yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang
akan ditempuh,
|
|
KegiatanInti ( 50 Menit )
|
|
Kegiatan
Literasi
|
Peserta didik diberi
motivas idan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya
kembali bacaan terkait materi Bunga Tunggal, Diskon dan Pajak
|
Critical
Thinking
|
Guru memberikan
kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami,
dimulai dari pertanyaan factual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik.
Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Bunga Tunggal, Diskon dan
Pajak
|
Collaboration
|
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasimengenai Bunga
Tunggal, Diskon dan Pajak
|
Communication
|
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan
|
Creativity
|
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Bunga
Tunggal, Diskon dan Pajak
Pesertadidik kemudian
diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami
|
KegiatanPenutup (15 Menit)
|
|
Peserta didik membuat
rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
|
|
Guru membuat
rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
|
D.
Penilaian
1.
Pengetahuan
Tertulis
Uraian
(Lihat lampiran),
2.
Keterampilan
Penilaian
Unjuk Kerja/Penilaian Portofolio
Sakkoli, 2020
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
HUSNAENI, S.Pd. SELLY
TRIANI RESKI, S.Pd.
NIP. 19720727 199803 2 011 NIP. 19930205 201902
2 004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMPN 5 SAJOANGING
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas, Semester : VII (Tujuh), Genap
Materi Pokok : Aritmetika Sosial
Alokasi Waktu : 3 JP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas, Semester : VII (Tujuh), Genap
Materi Pokok : Aritmetika Sosial
Alokasi Waktu : 3 JP
A.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah menyimak pembelajaran, peserta didik dapat :
1.
Mengenal fenomena atau aktivitas
yang terkait dengan aritmetika sosial (penjualan, pembelian, potongan,
keuntungan, kerugian, bungatunggal, persentase, bruto, neto, tara)\
2.
Menentukan hubungan antara, bruto, neto, dan tara
B. Media
Pembelajaran&SumberBelajar
Media: Lembar Kerja Kelompok
Sumber Belajar:
© Buku
Pedoman Guru Mapel Matematika Kelas VII Kurikulum 2013 Revisi 2017
© Buku
Pegangan Siswa Mapel Matematika Kelas VII Kurikulum 2013 Revisi 2017
C.
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah pernah di dapatkan terkait
dengan materi yang akan di pelajari.
2.
Memotivasi
peserta didik dengan cara menginformasikan kepada peserta didik pentingnya
materi Aritmetika Sosial senilaiyang akan dipelajari dalam kegiatan
sehari-hari.
3.
Peserta
didik diminta untuk mengamati lembar kerja, gambar/video pemberian
contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media
interaktif, dsb yang berhubungan dengan Pola Bilangan.
3.
Peserta
didik diberikan beberapa pertanyaan mengenai hubungan antara, bruto, neto, dan tara untuk ditemukan pemecahannya.
4.
Peserta
didik diminta untuk bekerja secara kelompok untuk menemukan pemecahan masalah
terhadap permasalahan yang telah diberikan baik melalui sumber internal maupun
sumber eksternal (Menanya,
Mengeksplorasi dan Mengasosiasi).
5.
Peserta
didik diminta untuk bekerja dalam kelompok dan menghargai usaha setiap anggota
kelompok (Mengeksplorasi dan
Mengasosiasi).
6.
Peserta
didik bertukar buku/bahan referensi dalam menyelesaikan kegiatan kelompoknya (Mengomunikasikan).
7.
Menuliskan
jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat sebelumnya berdasasrkan
hasil kerja kelompok (Mengasosiasi dan
Mengomunikasikan).
8.
Peserta
didik yang telah ditunjuk oleh kelompoknya sebagai juru bicara menyampaikan
hasil kerja kelompoknya (Mengomunikasikan).
9.
Peserta
didik lainnya mendengarkan dan memberikan tanggapan (Mengamati dan Menanya)
10.
Peserta
didik melakukan analisis atas hasil kerja kelompoknya dengan informasi yang
ditayangkan oleh guru (Mengasosiasi).
ditayangkan oleh guru (Mengasosiasi).
11.
Peserta
didik diberikan pertanyaan sehubungan dengan hal-hal yang masih perlu
diklarifikasi ulang (Mengomunikasikan).
D.
Penilaian
Tes
Tertulis
Sakkoli, 2020
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
HUSNAENI, S.Pd. SELLY
TRIANI RESKI, S.Pd.
NIP. 19720727 199803 2 011 NIP. 19930205 201902
2 004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar