Minggu, 14 Juni 2020

RPP Mapel MM Kelas 7 Semester 1 Bab.2 Himpunan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan      : SMP NEGERI 5 SAJOANGING

Mata Pelajaran          : Matematika

Kelas/Semester           : VII/Ganjil

Tahun Pelajaran         : 2019/2020

Alokasi Waktu            : 18 JP (7x Pertemuan)

A.     Kompetensi Inti:

1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

4.      Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

 

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Kompetensi Dasar (KD)

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

3.4  Menjelaskan himpunan, himpunan bagian,himpunan semesta, himpunan kosong,komplemen himpunan dan melakukan operasi biner pada himpunan menggunakan masalah konstekstual

 

3.4.1        Menyatakan masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya;

3.4.2      Menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan;

3.4.3      Menyajikan himpunan dengan menyebutkan anggotanya, menuliskan sifat yang dimilikinya dan notasi pembentuk himpunan

3.4.4      Menyatakan himpunan kosong dan  himpunan semesta dari suatu himpunan

3.4.5      Membaca diagram Venn dari suatu himpunan ( pert. 1)

 

3.4.6      Menyatakan kardinalitas dari suatu himpunan

3.4.7      Menyebutkan himpunan bagian dari suatu himpunan

3.4.8      Menyatakan himpunan kuasa dari suatu himpunan

3.4.9      Menyatakan kesamaan dari suatu himpunan ( pert. 2)

 

3.4.10  Menyatakan irisan dan gabungan dari dua  himpunan

3.4.11  Menyatakan komplemen dari suatu himpunan

3.4.12  Menyatakan selisih dari dua himpunan

3.4.13  Menyatakan sifat-sifat dari operasi himpunan (pert.3)

4.4  Menyelesaikan masalah konstekstual yang berkaitan dengan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan, dan operasi biner pada himpunan

4.4.1        Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan  selisih dari dua himpunan

4.4.1        Penggunaan himpunan dalam masalah kontekstual

4.4.2        Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan operasi himpunan

C.     Tujuan Pembelajaran

Setelah pembelajaran peserta didik dapat :

§  Menyatakan masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya;

§  Menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan;

§  Menyajikan himpunan dengan menyebutkan anggotanya, menuliskan sifat yang dimilikinya dan notasi pembentuk himpunan pert. 1

§  Menyatakan himpunan kosong dan  himpunan semesta dari suatu himpunan

§  Membaca diagram Venn dari suatu himpunan pert. 2

§  Menyatakan kardinalitas dari suatu himpunan

§  Menyebutkan himpunan bagian dari suatu himpunan pert. 

§  Menyatakan himpunan kuasa dari suatu himpunan

§  Menyatakan kesamaan dari suatu himpunan pert. 4

§  Menyatakan irisan dari dua himpunan pert 5

§  Menyatakan gabungan dari dua  himpunan

§  Menyatakan komplemen dari suatu himpunan pert. 6

§  Menyatakan selisih dari dua himpunan

·      Menyatakan sifat-sifat dari operasi himpunan pert. 7

D.     Metode Pembelajaran

·       Pendekatan                   :   Scientific Learning

·       Model Pembelajaran     :   Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) dan Problem  Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah) / Projek

 

E.     Materi Pembelajaran

1.      Materi pembelajaran regular

    

2.      Materi pembelajaran pengayaan

·         Operasi Himpunan

·         Sifat Idempoten

·         Sifat Identitas

·         Sifat Komutatif

·         Sifat Asosiatif

·         Sifat Distributif

3.      Materi pembelajaran remedial

·         Operasi Himpunan

·         Diagram Venn

·         Penyajian Himpunan

F.      Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran

Ø  Media :

©  Lembar kerja (siswa)

©  Lembar penilaian

©  Gambar

Ø  Alat/Bahan :

©  Penggaris, spidol, papan tulis

Ø  Sumber Belajar :                                                                                                

©  Buku Pedoman Guru Mapel Matematika Kemendikbud 2016 Edisi Revisi 2016 Kelas VII

©  Buku Pegangan Siswa Mapel Matematika Kemendikbud 2016 Edisi Revisi 2016 Kelas VII

©  Sumber lain yang relavan

G.     Langkah-langkah Pembelajaran

1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit )

Waktu

Kegiatan Pendahuluan

Guru :

Orientasi

  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
  • Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

Apersepsi

  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, pada kelas VI
  • Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Motivasi

  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
  • Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:

Ø  Pengertian Himpunan

Ø  Penyajian Himpunan

·         Dinyatakan dengan menyebutkan anggotanya (enumerasi)

·         Dinyatakan dengan menuliskan  sifat yang dimiliki anggotanya

·         Dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan

  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.

Pemberian Acuan

  • Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
  • Pembagian kelompok belajar
  • Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

 

10

menit

Kegiatan Inti

Sintak Model Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Stimulation

(stimullasi/

pemberian

rangsangan)

Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic

Ø  Pengertian Himpunan

Ø  Penyajian Himpunan

Ø  Dinyatakan dengan menyebutkan anggotanya (enumerasi)

Ø  Dinyatakan dengan menuliskan  sifat yang dimiliki anggotanya

Ø  Dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan

dengan cara :

v  Melihat dan Mengamati

Ø  Peserta didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa tentang himpunan

 

v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),

Ø  Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan

·         Pengertian Himpunan

·         Penyajian Himpunan

·         Dinyatakan dengan menyebutkan anggotanya (enumerasi)

·         Dinyatakan dengan menuliskan  sifat yang dimiliki anggotanya

·         Dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan

v  Mendengar dan menyimak

Ø  Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan tujuan pembelajaran

 

Problem

statemen

(pertanyaan/

identifikasi

masalah)

Guru meminta siswa untuk mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan contoh dan bukan contoh himpunan serta penyajian himpunan  dalam kehidupan sehari-hari, bila perlu guru memberikan bantuan dengan memberikan pancingan pertanyaan atau pertanyaan dalam bentuk lain agar siswa dapat mengajukan pertanyaan dari yang diamati.

Contoh pertanyaan siswa adalah:

1. Mengapa kumpulan siswa yang lahir pada bulan Agustus termasuk himpunan?

2. Mengapa kumpulan kota-kota besar di Indonesia bukan termasuk himpunan?

3. Apa perbedaan kumpulan yang termasuk himpunan dan kumpulan yang bukan termasuk himpunan?

4.Apakah Himpunan yang disajikan “cara 1” bisa disajikan dengan “cara 2” secara “tunggal”?

Data

collection

(pengumpulan

data)

Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang

v Penyajian Himpunan

v Dinyatakan dengan menyebutkan anggotanya (enumerasi)

v Dinyatakan dengan menuliskan  sifat yang dimiliki anggotanya

v Dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan

Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang

v Penyajian Himpunan

v Dinyatakan dengan menyebutkan anggotanya (enumerasi)

v Dinyatakan dengan menuliskan  sifat yang dimiliki anggotanya

v Dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan

Peserta didik melakukan aktivitas sesuai sesuai buku siswa seperti berikut ini:

coba ubahlah sajian himpunan berikut dalam bentuk sajian yang lainnya.

Himpunan A = {bilangan cacah kurang dari 5}, jika disajikan dengan

menyebutkan anggotanya maka A = {0, 1, ..., …, …} dan jika disajikan

dengan notasi pembentuk himpunan maka  A = {x|x < ..., dan x Bilangan

... ... ... ...}  

v  Saling tukar informasi tentang  :

v Penyajian Himpunan

v Dinyatakan dengan menyebutkan anggotanya (enumerasi)

v Dinyatakan dengan menuliskan  sifat yang dimiliki anggotanya

v Dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan

dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya

Data

processing

(pengolahan

Data)

Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :

v  Berdiskusi tentang data :

Ø  Penyajian Himpunan

Ø  Dinyatakan dengan menyebutkan anggotanya (enumerasi)

Ø  Dinyatakan dengan menuliskan  sifat yang dimiliki anggotanya

Ø  Dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan

yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.

v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.

v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai

Ø  Penyajian Himpunan

Ø  Dinyatakan dengan menyebutkan anggotanya (enumerasi)

Ø  Dinyatakan dengan menuliskan  sifat yang dimiliki anggotanya

Ø  Dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan

Verification

(pembuktian)

Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :

v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :

Ø  Penyajian Himpunan

Ø  Dinyatakan dengan menyebutkan anggotanya (enumerasi)

Ø  Dinyatakan dengan menuliskan  sifat yang dimiliki anggotanya

Ø  Dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan

antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.

Generalizatio

(menarik

kesimpulan)

Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan

v  Peserta didik Menyampaikan dan Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :

Ø  Penyajian Himpunan

Ø  Dinyatakan dengan menyebutkan anggotanya (enumerasi)

Ø  Dinyatakan dengan menuliskan  sifat yang dimiliki anggotanya

Ø  Dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan

v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan

v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.

v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang

Ø  Penyajian Himpunan

Ø  Dinyatakan dengan menyebutkan anggotanya (enumerasi)

Ø  Dinyatakan dengan menuliskan  sifat yang dimiliki anggotanya

Ø  Dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan

v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.

v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.

v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran

60

menit

Kegiatan Penutup

Peserta didik :

  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.

Guru :

  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

 

10

menit

Pertemuan Ke-2 ( 3 x 40 menit )

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.     Guru memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam

2.     Dengan dipimpin oleh ketua kelas, siswa membaca doa bersama-sama, misalnya: membaca surat Al-fathihah dan surat pendek

3.     Guru menanyakan kabar siswa dan mengabsen siswa.

4.     Apersepsi: Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, yaitu materi tentang himpunan dengan sub materi: Himpunan Kosong dan Himpunan Semesta, Diagram venn

5.     Motivasi: Guru memberikan penjelasan mengenai pentingnya mempelajari konsep diagram Venn, dengan memberikan contoh diagram Venn dan cara membaca diagram Venn.

6.     Guru menyampaikan lingkup penilaian dan teknik penilaian yang akan digunakan.

7.     Guru memfasilitasi siswa untuk membentuk kelompok, masing-masing kelompok beranggotakan 4-5 orang.

15 menit

Inti

 

Fase 1: Merumuskan Pertanyaan

Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengamati penyajian diagram Venn dari contoh berikut. .

Diagram Venn dari himpunan S ={1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9}, himpunan A = {1, 2, 3} dan himpunan B ={ 4, 5, 6} adalah sebagai berikut.

 

Diagram Venn dari himpunan S ={1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9}, himpunan A ={1, 2, 3, 4}, himpunan B ={ 4, 5, 6, 7} adalah sebagai berikut.

 

Diagram Venn dari himpunan S ={1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9}, himpunan A={1, 2, 3}, himpunan B ={1, 2, 3, 4, 5, 6}

 

Diagram Venn dari himpunan S ={1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9}, himpunan A={1, 2, 3, 4}, himpunan B ={ 1, 2, 3, 4} adalah sebagai berikut.

 

Gambarlah diagram Venn jika himpunan S ={1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10}

a. Himpunan A ={1, 2, 3, 4} dan himpunan B ={7, 8, 9, 10}

b. Himpunan A ={1, 2, 3, 4} dan himpunan B ={1, 2, 3, 4}

c. Himpunan A ={1, 2, 3} dan himpunan B ={1, 2, 3, 4, 5, 6, 7}

d. Himpunan A ={1, 2, 3, 4} dan himpunan B ={3, 4, 5, 6 7}

 

·         Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menuliskan hal-hal yang ingin diketahui terkait dengan apa yang diamati sesuai dengan tujuan pembelajaran. Pertanyaan alternatif yang diharapkan adalah:

           1. Apa himpunan kosong memiliki himpunan semesta.

2. Apakah suatu himpunan adalah himpunan semesta dari dirinya sendiri.

·         Perwakilan siswa menulis rumusan pertanyaan dari masalah-masalah yang ditemui dari hasil pengamatan.

·         Guru memandu siswa untuk mengidentifikasi dan menganalisis pertanyaan atau masalah-masalah esensial sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

·         Siswa menjawab jawaban sementara atas pertanyaan yang dirumuskan (hipotesis).

5 menit

 

Fase 2 : Merencanakan

1.    Merencanakan prosedur pengumpulan dan analisis data

2.    Siswa  dengan bantuan guru merencanakan prosedur pengumpulan data dengan cara:

Ø  Mengamati

Ø  Membaca buku siswa himpunan untuk memperoleh data yang lebih lengkap

Ø  Mengerjakan tugas pada lembar kegiatan siswa

Ø  Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif

5 menit

 

Fase 3 : mengumpulkan dan menganalisis data

3.         Siswa mengumpulkan informasi berdasarkan prosedur yang sudah direncanakan untuk menjawab masalah-masalah yang dirumuskan sesuai dengan tujuan pembelajaran

4.         Siswa melakukan diskusi mengerjakan tugas sesuai lembar kerja yang diberikan guru.

5.         Setiap kelompok menjelaskan hasil diskusi kelompok di depan kelas.

6.         Guru membimbing siswa dalam kegiatan menganalisis/mengolah data dari informasi yang telah diperoleh para siswa dengan baik.

7.         Guru membimbing siswa untuk melakukan pemeriksaan secara cermat untuk membuktikan benar atau tidaknya hipotesis yang ditetapkan

35 menit

 

Fase 4 : menarik kesimpulan

8.        Dari hasil informasi yang diperoleh, siswa merumuskan satu kesimpulan dari jawaban permasalahan yang dirumuskan.

9.        Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil kesimpulan yang diperoleh dan memajang hasil karya kelompok setelah persentase.

10.    Setiap kelompok saling menggunjungi hasil dari kelompok lain dan memberikan tanggapan.

5 menit

 

Fase 5: penerapan dan tindak lanjut

11.    Siswa mendiskusikan penerapan hasil kesimpulan dan menggali masalah lanjutan untuk dicari jawabannya.

10 menit

Penutup

 

1.      Dengan dibimbing oleh guru, siswa  menyimpulkan tentang pembelajaran hari ini, yaitu himpunan kosong, semesta dan diagram venn

2.      Guru bersama-sama siswa melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran.

3.      Guru memberi umpan balik siswa dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberi pertanyaan lisan dan bagi siswa mampu menjawab di beri apresiasi.

4.      Guru memberikan tugas terstruktur berupa pekerjaan rumah.

5.      Guru memberikan gambaran materi pertemuan selanjutnya yaitu    Sifat-sifat Himpunan, Kardinalitas Himpunan dan Himpunan Bagian

6.      Dengan dipimpin oleh ketua kelas, siswa berdoa bersama-sama untuk mengakhiri pembelajaran.

7.      Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan mengucapkan salam dan memberikan pesan untuk tetap belajar.

5 menit

Pertemuan 3 (   2  x 40 menit )

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

Ø  Guru memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam

Ø  Dengan dipimpin oleh ketua kelas, siswa membaca doa bersama-sama, misalnya: membaca surat Al-fathihah dan surat pendek

Ø  Guru menanyakan kabar siswa dan mengabsen siswa.

Ø  Apersepsi: Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, yaitu materi tentang himpunan dengan sub materi: Sifat-sifat Himpunan, Kardinalitas Himpunan, danHimpunan Bagian

Ø  Motivasi: Guru memberikan penjelasan mengenai pentingnya mempelajari konsep diagram Venn, dengan memberikan contoh diagram Venn dan cara membaca diagram Venn.

Ø  Guru menyampaikan lingkup penilaian dan teknik penilaian yang akan digunakan.

Ø  Guru memfasilitasi siswa untuk membentuk kelompok, masing-masing kelompok beranggotakan 4-5 orang.

15 menit

Inti

 

Fase 1: Merumuskan Pertanyaan

Ø  Peserta didik diminta untuk mengamati masalah 2.3, dan 2.4

pada buku siswa halaman  Untuk merayakan hari ulang tahun Pak Zulkarnaen yang ke-50, dia mengajak istri dan ketiga anaknya makan di restoran. Setelah tiba di restoran mereka memesan makanan kesukaan masing-masing yang ada daftar menu restoran tersebut. Pak Zulkarnaen memesan ikan bakar, udang goreng, dan jus alpukat.Istrinya memesan ikan asam manis, bakso, dan jus terong belanda. Anak pertama Pak Zulkarnaen memesan ikan bakar, bakso, dan jus alpukat. Anak kedua memesan bakso dan jus terong belanda. Anak ketiganya memesan mie goreng dan jus sirsak.

1.      Sebutkan anggota-anggota himpunan makanan kesukaan yang dipesan keluarga Pak Zulkarnaen.

2.      Tuliskan seluruh anggota himpunan makanan yang dipesan keluarga Pak Zulkarnaen.

3.      Adakah anggota keluarga Pak Zulkarnaen yang memesan makanan yang sama? Jika makanan yang sama ditulis sekali, berapa banyak  makanan berbeda yang dipesan oleh keluarga Pak Zulkarnaen?

 

Pemecahan Masalah

1.      Himpunan makanan kesukaan yang dipesan keluarga Pak Zulkarnaen adalah sebagai berikut.

a.      Himpunan makanan kesukaan Pak Zulkarnaen adalah {ikan bakar, udang goreng, jus alpukat}.

b.      Himpunan makanan kesukaan istri Pak Zulkarnaen adalah {ikan asam manis, bakso, jus terong belanda}.

c.       Himpunan makanan kesukaan anak pertama Pak Zulkarnaen adalah {ikan bakar, bakso, jus alpukat}.

d.      Himpunan makanan kesukaan anak kedua Pak Zulkarnaen adalah {bakso, jus terong belanda}.

e.       Himpunan makanan kesukaan anak ketiga Pak Zulkarnaen adalah {mie goreng, jus sirsak}. Banyak anggota himpunannya adalah tiga.

Jika kalian perhatikan semua himpunan tersebut, banyak anggota himpunannya adalah 3.

2.      Seluruh makanan yang dipesan keluarga Pak Zulkarnaen adalah ikan bakar, udang goreng, jus alpukat, ikan asam manis, bakso, jus terong belanda, ikan bakar, bakso, jus alpukat, bakso, jus terong belanda, mie goreng, jus sirsak.

3.       Jika makanan yang sama dituliskan hanya satu kali, maka himpunan makanan yang dipesan keluarga Pak Zulkarnaen adalah {ikan bakar, udang goreng, jus alpukat, ikan asam manis, bakso, jus terong belanda, mie goreng, jus sirsak}. Banyak anggota himpunannya adalah 8.

·         Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menuliskan hal-hal yang ingin diketahui terkait dengan apa yang diamati sesuai dengan tujuan pembelajaran. Misalnya

1.      Membedakan mana yang termasuk himpunan bagian dan mana yang bukan termasuk himpunan bagian.

2.      Simbol himpunan bagian dan bukan himpunan bagian.

3.      Himpunan kosong adalah himpunan bagian dari semua himpunan.

4.      Setiap himpunan adalah himpunan bagian dari dirinya sendiri.

·         Perwakilan siswa menulis rumusan pertanyaan dari masalah-masalah yang ditemui dari hasil pengamatan.

·         Guru memandu siswa untuk mengidentifikasi dan menganalisis pertanyaan atau masalah-masalah esensial sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

·         Siswa menjawab jawaban sementara atas pertanyaan yang dirumuskan (hipotesis).

5 menit

 

Fase 2 : Merencanakan

Merencanakan prosedur pengumpulan dan analisis data

Siswa  dengan bantuan guru merencanakan prosedur pengumpulan data dengan cara:

Ø  Mengamati

Ø  Membaca buku siswa himpunan untuk memperoleh data yang lebih lengkap

Ø  Mengerjakan tugas pada lembar kegiatan siswa

Ø  Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif

5 menit

 

Fase 3 : mengumpulkan dan menganalisis data

Ø  Siswa mengumpulkan informasi berdasarkan prosedur yang sudah direncanakan untuk menjawab masalah-masalah yang dirumuskan sesuai dengan tujuan pembelajaran

Ø  Siswa melakukan diskusi mengerjakan tugas tentang kekongruenan bangun datar sesuai lembar kerja yang diberikan guru.

Ø  Setiap kelompok menjelaskan hasil diskusi kelompok di depan kelas.

Ø  Guru membimbing siswa dalam kegiatan menganalisis/mengolah data dari informasi yang telah diperoleh para siswa dengan baik.

Ø  Guru membimbing siswa untuk melakukan pemeriksaan secara cermat untuk membuktikan benar atau tidaknya hipotesis yang ditetapkan

35 menit

 

Fase 4 : menarik kesimpulan

Ø  Dari hasil informasi yang diperoleh, siswa merumuskan satu kesimpulan dari jawaban permasalahan yang dirumuskan.

Ø  Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil kesimpulan yang diperoleh dan memajang hasil karya kelompok setelah persentase.

Ø  Setiap kelompok saling menggunjungi hasil dari kelompok lain dan memberikan tanggapan.

5 menit

 

Fase 5: penerapan dan tindak lanjut

Ø  Siswa mendiskusikan penerapan hasil kesimpulan dan menggali masalah lanjutan untuk dicari jawabannya.

10 menit

Penutup

 

Ø  Dengan dibimbing oleh guru, siswa  menyimpulkan tentang pembelajaran hari ini, yaitu Sifat-sifat Himpunan, Kardinalitas Himpunan, danHimpunan Bagian

Ø  Guru bersama-sama siswa melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran.

Ø  Guru memberi umpan balik siswa dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberi pertanyaan lisan dan bagi siswa mampu menjawab di beri apresiasi.

Ø  Guru memberikan tugas terstruktur berupa pekerjaan rumah.

Ø  Guru memberikan gambaran materi pertemuan selanjutnya yaitu    Himpunan Kuasa dan Kesamaan dua Himpunan

Ø  Dengan dipimpin oleh ketua kelas, siswa berdoa bersama-sama untuk mengakhiri pembelajaran.

Ø  Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan mengucapkan salam dan memberikan pesan untuk tetap belajar.

5 menit

4. Pertemuan Ke-4 (   3  x 40 menit )

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

·         Guru memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam

·         Dengan dipimpin oleh ketua kelas, siswa membaca doa bersama-sama, misalnya: membaca surat Al-fathihah dan surat pendek

·         Guru menanyakan kabar siswa dan mengabsen siswa.

·         Apersepsi: Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, yaitu materi tentang himpunan dengan sub materi: himpunan kuasa dan kesamaan dua himpunan

·         Guru mengingatkan kembali materi sebelumnya

·         Guru menyampaikan lingkup penilaian dan teknik penilaian yang akan digunakan.

·         Guru memfasilitasi siswa untuk membentuk kelompok, masing-masing kelompok beranggotakan 4-5 orang.

15 menit

Inti

 

Fase 1: Merumuskan Pertanyaan

v  Mengamati :

4.      Peserta didik diminta mengamati dan cermati Masalah 2.6 beserta penyelesaiannya

SMP Al Amin akan mempersiapkan dua orang siswanya, Ningsih dan Taufan untuk mengikuti olimpiade matematika SMP tingkat provinsi. Persyaratan untuk mengikuti olimpiade adalah sekolah boleh mengirimkan satu orang siswa atau lebih dan boleh tidak mengirimkan wakilnya untuk mengikuti olimpiade tersebut. Berapa banyak cara yang dilakukan SMP Al Amin untuk mengirimkan wakilnya mengikuti olimpiade matematika tersebut?

Alternatif Pemecahan Masalah

Banyak cara yang dilakukan SMP Al amin dalam mengikuti olimpiade  matematika tersebut adalah sebagai berikut.

• Cara pertama :  Tidak mengirimkan siswa mengikuti olimpiade.

• Cara kedua  :  Hanya mengirimkan Ningsih mengikuti olimpiade.

• Cara ketiga  :  Hanya mengirimkan Taufan mengikuti olimpiade.

• Cara keempat :  Mengirimkan Ningsih dan Taufan secara bersama-

sama mengikuti olimpiade. Maka, ada 4 cara pengiriman yang dapat dilakukan SMP Al Amin untuk mengikuti olimpiade tingkat provinsi. Jika A adalah himpunan siswa SMP Al Amin  yang akan mengikuti olimpiade

matematika tingkat provinsi, maka A = {Ningsih, Taufan}. Misalkan himpunan siswa yang akan dikirim mengikuti olimpiade dari keempat cara pengiriman adalah himpunan B untuk cara I, himpunan C untuk cara II, himpunan D untuk cara III, dan himpunan E untuk cara IV, maka

• Cara pertama :  Himpunan B = { }

• Cara kedua  :  Himpunan C = {Ningsih}

• Cara ketiga  :  Himpunan D = {Taufan}

• Cara keempat :  Himpunan E = {Ningsih, Taufan}

Dengan demikian dapat dikatakan sebagai berikut.

• Himpunan B merupakan himpunan bagian dari A.

• Himpunan  C merupakan himpunan bagian dari A.

• Himpunan D merupakan himpunan bagian dari A.

• Himpunan E merupakan himpunan bagian dari A.

• Berdasarkan uraian di atas, maka  anggota-anggota  himpunan bagian dari

A adalah {{ }, {Ningsih}, {Taufan}, {Ningsih, Taufan}}.

 

5.      Peserta didik diminta untuk mengamati table berikut

·         .Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menuliskan hal-hal yang ingin diketahui terkait dengan apa yang diamati sesuai dengan tujuan pembelajaran. Misalnya

1. Sebutkan himpunan kuasa dari suatu himpunan ynag memiliki 3 anggota.

2. Sebutkan himpunan kuasa dari himpunan kosong.

3. Bagaimana menentukan banyaknya himpunan kuasa dari suatu himpunan..

·         Perwakilan siswa menulis rumusan pertanyaan dari masalah-masalah yang ditemui dari hasil pengamatan.

·         Guru memandu siswa untuk mengidentifikasi dan menganalisis pertanyaan atau masalah-masalah esensial sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

·         Siswa menjawab jawaban sementara atas pertanyaan yang dirumuskan (hipotesis).

5 menit

 

Fase 2 : Merencanakan

12.             Merencanakan prosedur pengumpulan dan analisis data

13.             Siswa  dengan bantuan guru merencanakan prosedur pengumpulan data dengan cara:

Ø  Mengamati

Ø  Membaca buku siswa tentang himpunan untuk memperoleh data yang lebih lengkap

Ø  Mengerjakan tugas pada lembar kegiatan siswa

Ø  Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif

5 menit

 

Fase 3 : mengumpulkan dan menganalisis data

·          Siswa mengumpulkan informasi berdasarkan prosedur yang sudah direncanakan untuk menjawab masalah-masalah yang dirumuskan sesuai dengan tujuan pembelajaran

·          Siswa melakukan diskusi mengerjakan tugas tentang kekongruenan bangun datar sesuai lembar kerja yang diberikan guru.

·          Setiap kelompok menjelaskan hasil diskusi kelompok di depan kelas.

·          Guru membimbing siswa dalam kegiatan menganalisis/mengolah data dari informasi yang telah diperoleh para siswa dengan baik.

·          Guru membimbing siswa untuk melakukan pemeriksaan secara cermat untuk membuktikan benar atau tidaknya hipotesis yang ditetapkan

35 menit

 

Fase 4 : menarik kesimpulan

·          Dari hasil informasi yang diperoleh, siswa merumuskan satu kesimpulan dari jawaban permasalahan yang dirumuskan.

·          Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil kesimpulan yang diperoleh dan memajang hasil karya kelompok setelah persentase.

·          Setiap kelompok saling menggunjungi hasil dari kelompok lain dan memberikan tanggapan.

5 menit

 

Fase 5: penerapan dan tindak lanjut

Siswa mendiskusikan penerapan hasil kesimpulan dan menggali masalah lanjutan untuk dicari jawabannya.

10 menit

Penutup

 

·         Dengan dibimbing oleh guru, siswa  menyimpulkan tentang pembelajaran hari ini, yaitu Himpunan Kuasa

Dan Kesamaan dua Himpunan

·         Guru bersama-sama siswa melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran.

·         Guru memberi umpan balik siswa dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberi pertanyaan lisan dan bagi siswa mampu menjawab di beri apresiasi.

·         Guru memberikan tugas terstruktur berupa pekerjaan rumah.

·         Guru memberikan gambaran materi pertemuan selanjutnya yaitu    Operasi Himpunan  dan Irisan (Intersection)

·         Dengan dipimpin oleh ketua kelas, siswa berdoa bersama-sama untuk mengakhiri pembelajaran.

·         Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan mengucapkan salam dan memberikan pesan untuk tetap belajar.

5 menit

5. Pertemuan Ke-5( 2 x 40 menit )

 

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

 

Pendahuluan

Ø  Guru memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam

Ø  Dengan dipimpin oleh ketua kelas, siswa membaca doa bersama-sama, misalnya: membaca surat Al-fathihah dan surat pendek

Ø  Guru menanyakan kabar siswa dan mengabsen siswa.

Ø  Apersepsi: Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, yaitu materi tentang himpunan dengan sub materi: himpunan kuasa dan kesamaan dua himpunan

Ø  Guru mengingatkan kembali materi sebelumnya

Ø  Motivasi : Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:

o   Operasi Himpunan dan Irisan (Intersection)

Ø  Guru menyampaikan lingkup penilaian dan teknik penilaian yang akan digunakan.

Ø  Guru memfasilitasi siswa untuk membentuk kelompok, masing-masing kelompok beranggotakan 4-5 orang.

15 menit

 

Inti

 

Fase 1: Merumuskan Pertanyaan

v  Mengamati :

v  Peserta didik diminta mengamati  gambar /foto yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan oleh guru seperti gambar dibawah in

 

v  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menuliskan hal-hal yang ingin diketahui terkait dengan apa yang diamati sesuai dengan tujuan pembelajaran. Misalnya

·         Mengapa untuk A saling asing (disjoint) dengan B hasilnya adalah himpunan kosong?

·         Mengapa jika A B, maka A ∩  B = A? Apakah jika B A, maka A ∩ B = B?

·         Bagaimana irisan dari dua himpunan jika ada salah satu himpunan anggotanya adalah himpunan kosong?

v  Perwakilan siswa menulis rumusan pertanyaan dari masalah-masalah yang ditemui dari hasil pengamatan.

v  Guru memandu siswa untuk mengidentifikasi dan menganalisis pertanyaan atau masalah-masalah esensial sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

v  Siswa menjawab jawaban sementara atas pertanyaan yang dirumuskan (hipotesis).

5 menit

 

 

Fase 2 : Merencanakan

·          Merencanakan prosedur pengumpulan dan analisis data

·          Siswa  dengan bantuan guru merencanakan prosedur pengumpulan data dengan cara:

Ø  Mengamati

Ø  Membaca buku siswa tentang himpunan untuk memperoleh data yang lebih lengkap

Ø  Mengerjakan tugas pada lembar kegiatan siswa

Ø  Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif

5 menit

 

 

Fase 3 : mengumpulkan dan menganalisis data

·          Siswa mengumpulkan informasi berdasarkan prosedur yang sudah direncanakan untuk menjawab masalah-masalah yang dirumuskan sesuai dengan tujuan pembelajaran

·          Siswa melakukan diskusi mengerjakan tugas tentang kekongruenan bangun datar sesuai lembar kerja yang diberikan guru.

·          Setiap kelompok menjelaskan hasil diskusi kelompok di depan kelas.

·          Guru membimbing siswa dalam kegiatan menganalisis/mengolah data dari informasi yang telah diperoleh para siswa dengan baik.

·          Guru membimbing siswa untuk melakukan pemeriksaan secara cermat untuk membuktikan benar atau tidaknya hipotesis yang ditetapkan

35 menit

 

 

Fase 4 : menarik kesimpulan

·          Dari hasil informasi yang diperoleh, siswa merumuskan satu kesimpulan dari jawaban permasalahan yang dirumuskan.

·          Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil kesimpulan yang diperoleh dan memajang hasil karya kelompok setelah persentase.

·          Setiap kelompok saling menggunjungi hasil dari kelompok lain dan memberikan tanggapan.

5 menit

 

 

Fase 5: penerapan dan tindak lanjut

Siswa mendiskusikan penerapan hasil kesimpulan dan menggali masalah lanjutan untuk dicari jawabannya.

10 menit

 

Penutup

 

·         Dengan dibimbing oleh guru, siswa  menyimpulkan tentang pembelajaran hari ini, yaitu Operasi Himpunan  dan Irisan (Intersection

·         Guru bersama-sama siswa melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran.

·         Guru memberi umpan balik siswa dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberi pertanyaan lisan dan bagi siswa mampu menjawab di beri apresiasi.

·         Guru memberikan tugas terstruktur berupa pekerjaan rumah.

·         Guru memberikan gambaran materi pertemuan selanjutnya yaitu    Gabungan (Union) dan Komplemen (Complement)

·         Dengan dipimpin oleh ketua kelas, siswa berdoa bersama-sama untuk mengakhiri pembelajaran.

·         Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan mengucapkan salam dan memberikan pesan untuk tetap belajar.

5 menit

7. Pertemuan Ke-3 ( 2 x 40 menit )

Waktu

 

Kegiatan Pendahuluan

Guru :

Orientasi

v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran

v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

Apersepsi

Ø  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,tentang

·         Operasi Himpunan

·         Irisan (Intersection

  • Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Motivasi

  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
  • Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:

Ø  Gabungan (Union)

Ø  Komplemen (Complement)

  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.

Pemberian Acuan

  • Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
  • Pembagian kelompok belajar
  • Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

 

10

menit

 

Kegiatan Inti

Sintak Model Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Stimulation

(stimullasi/

pemberian

rangsangan)

Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic

Ø  Gabungan (Union)

Ø  Komplemen (Complement)

 dengan cara :

v  Melihat (tanpa atau dengan alat)/

Menayangkan gambar/foto tentang 

6.      Peserta didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa seperti gambar dibawah

 

v  Mengamati

7.      Peserta didik diminta mengamati kembali Tabel 2.1 di atas

v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),

8.      Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan

v  Mendengar

9.      Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan

·         Gabungan (Union)

·         Komplemen (Complement) 

v  Menyimak,

10.  Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :

·         Gabungan (Union)

·         Komplemen (Complement)

Problem

statemen

(pertanyaan/

identifikasi

masalah)

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :

v  Mengajukan pertanyaan tentang :

·         Gabungan (Union)

·         Komplemen (Complement)

yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :

11.  Apa perbedaan antara gabungan dan irisan dari dua himpunan?

12.  Mengapa untuk himpunan A = B hasil dari gabungan sama dengan irisan

13.  Bagaimana komplemen dari A B dan A ∩ B?

14.  Bagaimana komplemen dari S.

Data

collection

(pengumpulan

data)

Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:

v  Mengumpulkan informasi

Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang

·         Gabungan (Union)

·         Komplemen (Complement)

v  Membaca sumber lain selain buku teks,

Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang

·         Gabungan (Union)

·         Komplemen (Complement) 

v  Mendiskusikan

v  Saling tukar informasi tentang  :

Ø  Gabungan (Union)

Ø  Komplemen (Complement)  

dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya

Data

processing

(pengolahan

Data)

Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :

v  Berdiskusi tentang data :

Ø  Gabungan (Union)

Ø  Komplemen (Complement)  

yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.

v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.

v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai

Ø  Gabungan (Union)

Ø  Komplemen (Complement)  

Verification

(pembuktian)

Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :

v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :

Ø  Gabungan (Union)

Ø  Komplemen (Complement) 

antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.

Generalizatio

(menarik

kesimpulan)

Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan

v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan

v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :

Ø  Gabungan (Union)

Ø  Komplemen (Complement)  

v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan

v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang

Ø  Gabungan (Union)

Ø  Komplemen (Complement)  

v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.

v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.

v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran

60

menit

 

Kegiatan Penutup

Peserta didik :

  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.

Guru :

  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

 

10

menit

 

 

7. Pertemuan Ke-8 ( 2 x 40 menit )

Waktu

Kegiatan Pendahuluan

Guru :

Orientasi

v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran

v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

Apersepsi

Ø  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, tentang

·           Gabungan (Union)

·         Komplemen (Complement)

  • Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Motivasi

  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
  • Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:

·         Selisih (Difference)

·         Sifat-sifat Operasi Himpunan

  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.

Pemberian Acuan

  • Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
  • Pembagian kelompok belajar
  • Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

 

10

menit

Kegiatan Inti

Sintak Model Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Stimulation

(stimullasi/

pemberian

rangsangan)

Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic

Ø  Selisih (Difference)

Ø  Sifat-sifat Operasi Himpunan

dengan cara :

v  Melihat (tanpa atau dengan alat)/

Menayangkan gambar/foto tentang 

15.  Peserta didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa.

v  Mengamati

16.  Peserta didik diminta untuk mengamati masalah 2.11pada buku siswa,

Anto memiliki olahraga kesukaan yaitu: sepak bola, bola voli, dan catur.

Misalkan himpunan semua olahraga kesukaan Anto adalah himpunan K.

1. Hal apa yang kalian temukan jika himpunan olahraga kesukaan Anto digabung dengan himpunan olahraga kesukaannya sendiri?

2. Hal apa yang kalian temukan jika himpunan olahraga kesukaan Anto diiriskan  dengan himpunan olahraga kesukaannya sendiri?

 

Pemecahan Masalah

K = {sepak bola, bola voli, catur}

1. Jika K K

 Jika K digabung dengan K itu sendiri maka:

 K K  = {sepak bola, bola voli, catur} {sepak bola, bola voli, catur}

   = {sepak bola, bola voli, catur}

 Ternyata:  K K = K

2. Jika K ∩ K

 Jika K diiriskan dengan K itu sendiri maka:

 K ∩ K  = {sepak bola, bola voli, catur} ∩ {sepak bola, bola voli, catur}

   = {sepak bola, bola voli, catur}

 Ternyata:  K ∩ K = K

v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),

v  Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan  

Ø  Selisih (Difference)

Ø  Sifat-sifat Operasi Himpunan

v  Mendengar

17.  Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan kondisi

·         Selisih (Difference)

·         Sifat-sifat Operasi Himpunan   

v  Menyimak,

18.  Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :

·         Selisih (Difference)

·         Sifat-sifat Operasi Himpunan

Problem

statemen

(pertanyaan/

identifikasi

masalah)

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :

v  Mengajukan pertanyaan tentang :

·         Selisih (Difference)

·         Sifat-sifat Operasi Himpunan

yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :

19.  Berikan contoh sifat identitas himpunan dalam kehidupan sehari-hari? 

20.  Berikan contoh lain dalam kehidupan sehari-hari tentang sifat idempoten pada operasi himpunan?

Data

collection

(pengumpulan

data)

Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:

v  Mengumpulkan informasi

21.  Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang

·         Selisih (Difference)

·         Sifat-sifat Operasi Himpunan

v  Membaca sumber lain selain buku teks,

22.  Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang

·         Selisih (Difference)

·         Sifat-sifat Operasi Himpunan 

v  Mendiskusikan

v  Saling tukar informasi tentang  :

·         Selisih (Difference)

·         Sifat-sifat Operasi Himpunan  

Data

processing

(pengolahan

Data)

Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :

v  Berdiskusi tentang data :

·         Selisih (Difference)

·         Sifat-sifat Operasi Himpunan 

yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.

v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.

v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai

·         Selisih (Difference)

·         Sifat-sifat Operasi Himpunan  

Verification

(pembuktian)

Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber tentang

·         Selisih (Difference)

·         Sifat-sifat Operasi Himpunan 

antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.

Generalizatio

(menarik

kesimpulan)

Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan

v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan

v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :

·         Selisih (Difference)

·         Sifat-sifat Operasi Himpunan   

v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan

v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang

·         Selisih (Difference)

·         Sifat-sifat Operasi Himpunan  

v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.

v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.

v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran

100

menit

Kegiatan Penutup

Peserta didik :

  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.

Guru :

  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

10

menit

 

H.    Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 

1.      Teknik Penilaian

a.      Penilaian Kompetensi Pengetahuan

1)      Tes Tertulis

a)      Pilihan ganda

b)      Uraian/esai

2)      Tes Lisan

©  Tes lisan pemaparan materi dari pemahaman siswa.

b.      Penilaian Kompetensi Keterampilan

1)      Proyek, pengamatan, wawancara

©  Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok

2)      Portofolio / unjuk kerja

3)      Produk,

2.      Instrumen Penilaian

a.      Pertemuan Pertama- kedelapan  (Terlampir)

3.      Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

a.      Remedial

v  Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar

v  Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.

©  Operasi Himpunan

©  Diagram Venn

©  Penyajian Himpunan

b.      Pengayaan

v  Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.

v  Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.

v  Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas

 

 

 

 

Mengetahui,                                       Sakkoli,                           2019                       

Kepala Sekolah                                 Guru Mata Pelajaran

      

 

 

HUSNAENI, S.Pd.                             SELLY TRIANI RESKI, S.Pd.

NIP. 19720727 199803 2 011                       NIP. 19930205 201902 2 004


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler

Bimble Online Matemtaika Kelas 7 Semester Genap

Bismillahi rahmani rahim Kelas Math Online ini telah dapat diakses . belajar online jadi lebih efektif dan materi dapat lebih mudah dime...