SILABUS MATA PELAJARAN MATEMATIKA
Satuan Pendidikan : SMP NEGERI 5 SAJOANGING
Kelas/ Semester : VII/ Ganjil
Tahun Pelajaran : 2019/2020
Kompetensi Inti :
Kompetensi dasar
yang berkenaan dengan sikap spiritual (KD pada KI-1) dan sikap sosial (KD pada
KI-2) ditumbuhkan melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching),
yaitu melalui pembelajaran kompetensi pengetahuan (KD pada KI-3) dan kompetensi
keterampilan (KD pada KI-4), pembiasaan dan keteladanan. Pembelajaran langsung
berkenaan dengan pembelajaran yang menyangkut KD yang dikembangkan dari KI-3
dan KI-4. Keduanya, dikembangkan secara bersamaan dalam suatu proses
pembelajaran dan menjadi wahana untuk mengembangkan KD pada KI-1 dan KI-2.
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
1.1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya |
|
|
|
|
|
2.1
Menunjukkan sikap jujur, tertib dan mengikuti aturan, konsisten, disiplin
waktu, ulet, cermat dan teliti, maju berkelanjutan, bertanggung jawab,
berpikir logis, kritis, dan, kreatif serta memiliki rasa senang, ingin tahu,
ketertarikan pada ilmu pengetahuan, sikap terbuka,
percaya diri, santun, objektif, dan menghargai. |
|
|
|
|
|
3.1.
Menjelaskan dan menentukan urutan pada
bilangan bulat (positif dan negatif) dan pecahan (biasa, campuran, desimal,
persen); 3.2.
Menjelaskan dan melakukan operasi
hitung bilangan bulat dan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi; 3.3.
Menjelaskan dan menentukan
representasi bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat positif dan
negatif; 4.1.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan urutan beberapa bilangan bulat dan pecahan (biasa, campuran, desimal,
persen); 4.2.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan; 4.3.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan bilangan dalam bentuk bilangan
berpangkat bulat positif dan negatif. |
Bilangan
Bulat dan Pecahan ●
Membandingkanbilangan
bulat dan pecahan ●
Mengurutkan
bilangan bulat dan pecahan ●
Operasi
dan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan ●
Mengubah
bentuk bilangan pecahan ●
Menyatakan
bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat positif ●
Kelipatan
persekutuan terkecil (KPK) ●
Faktor
persekutuan terbesar (FPB) |
●
Mencermati permasalahan sehari-hari
yang berkaitan dengan penggunaan bilangan bulat, Misal: zona pembagian waktu
berdasarkan GMT (Greenwich Meredian
Time), hasil pengukuran suhu dengan termometer, kedalaman di bawah
permukaan laut, ketinggian gedung, pohon atau daratan ●
Mencermati urutan bilangan,
sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat, kelipatan persekutuan dan faktor
persekutuan serta penerapannya ●
Mencermati permasalahan sehari-hari
yang berkaitan dengan penggunaan pecahan. Misal: pembagian potongan kue,
potongan buah, potongan gambar, potongan selembar kain/kertas, pembagian air
dalam gelas, dan sebagainya ●
Mengumpulkan informasi tentang KPK
dan FPB serta dua teknik menemukannya (pohon faktor dan pembagian bersusun) ●
Mengumpulkan informasi tentang
bagaimana menyatakan bilangan dalam bentuk pangkat bulat ●
Mengumpulkan informasi tentang
sifat-sifat penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, perkalian dan
pembagian pada bilangan bulat dan pecahan ●
Menyajikan secara tertulis atau
lisan hasil pembelajaran tentang perbandingan bilangan bulat, penjumlahan dan
pengurangan bilangan bulat, perkalian dan pembagian bilangan bulat, kelipatan
dan faktor bilangan bulat, perbandingan bilangan pecahan, pengali dan pembagi
bilangan pecahan, dan bilangan rasional ●
Memecahkan masalah yang berkaitan
dengan perbandingan bilangan bulat, penjumlahan dan pengurangan bilangan
bulat, perkalian dan pembagian bilangan bulat, kelipatan dan faktor bilangan
bulat, perbandingan bilangan pecahan, pengali dan pembagi bilangan pecahan,
dan bilangan rasional |
Tugas § Tugas
terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan bilangan bulat § Tugas
mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi tentang bilangan bulat Observasi Pengamatan selama KBM tentang: § ketelitian § rasa
ingin tahu § dll. Portofolio Mengumpulkan bahan dan
literatur berkaitan dengan bilangan bulat dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan Tes Tes tertulis: mengerjakan
soal-soal berkaitan dengan menentukan bilangan bulat |
23 JP |
Buku teks
matematika Kemdikbud Edisi Revisi 2016 kelas VII Hal. 5-102 , lingkungan, alat peraga |
3.4
Menjelaskan
himpunan, himpunan bagian,himpunan semesta, himpunan kosong,komplemen
himpunan dan melakukan operasi biner pada himpunan menggunakan masalah
konstekstual 4.4
Menyelesaikan
masalah konstekstual yang berkaitan dengan himpunan, himpunan bagian,
himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan, dan operasi biner pada
himpunan |
Himpunan ●
Menyatakan
himpunan ●
Himpunan
bagian, kosong, semesta ●
Hubungan
antar himpunan ●
Operasi
pada himpunan ●
Komplemen
himpunan |
●
Mengamati
penggunaan himpunan dalam kehidupan sehari-hari. Misal: kumpulan hewan,
tumbuhan, buah-buahan, kendaraan bermotor, alat tulis, suku-suku yang ada di
Indonesia. ●
Mencermati
permasalahan yang berkaitan dengan himpunan bagian, himpunan semesta,
himpunan kosong, anggota himpunan, himpunan kuasa, kesamaan dua himpunan,
irisan antar himpunan, gabungan antar himpunan, komplemen himpunan, selisih,
dan sifat-sifat operasi himpunan ●
Mengumpulkan
informasi mengenai sifat identitas, sifat komutatif, sifat asosiatif, dan
sifat distributif pada himpunan ●
Menyajikan
hasil pembelajaran tentang himpunan dan sifat-sifat operasi himpunan ●
Memecahkan
masalah yang terkait dengan himpunan dan sifat-sifatnya |
Tugas § Tugas
terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan himpunan § Tugas
mandiri tidak terstruktur: menuliskan beberapa benda
kedalam kategori yang sama menjadi sebuah himpunan Observasi Pengamatan selama KBM tentang: § ketelitian § rasa
ingin tahu § dll. Portofolio Mengumpulkan bahan dan
literatur berkaitan dengan himpunan dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan Tes Tes tertulis: mengerjakan
soal-soal berkaitan denganhimpunan |
17 JP |
Buku teks
matematika Kemdikbud Edisi Revisi 2016 kelas VII Hal. 113-185 , lingkungan, alat peraga |
3.5
Menjelaskan
bentuk aljabar dan melakukan operasi pada bentuk aljabar (penjumlahan,
pengurangan, perkalian, dan pembagian) 4.5
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar dan operasi pada bentuk aljabar |
Bentuk Aljabar ●
Menjelaskan
koefesien, variabel, konstanta, dan suku pada bentuk aljabar ●
Operasi
hitung bentuk aljabar ●
Penyederhanaanbentuk
aljabar |
●
Mencermati
masalah sehari- hari yang berkaitan dengan penggunaan konsep bentuk aljabar ●
Mencermati
bentuk aljabar dari berbagai model bentuk, penjumlahan dan pengurangan bentuk
aljabar yang disajikan, cara menyederhanakan bentuk aljabar ●
Menyajikan
hasil pembelajaran tentang bentuk aljabar, operasi hitung aljabar, dan
penyederhanaan bentuk aljabar ●
Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar, operasi bentuk aljabar, serta
penyederhanaan bentuk aljabar |
Tugas § Tugas
terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan bentuk aljabar § Tugas
mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi tentang bentuk aljabar Observasi Pengamatan selama KBM tentang: § ketelitian § rasa
ingin tahu § dll. Portofolio Mengumpulkan bahan dan
literatur berkaitan dengan bentuk aljabar dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan Tes Tes tertulis: mengerjakan
soal-soal berkaitan dengan bentuk aljabar |
20 JP |
Buku teks matematika
Kemdikbud Edisi Revisi 2016 kelas VII Hal. 197-240 , lingkungan, alat peraga |
3.6
Menjelaskan
persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan penyelesaiannya. 4.6 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu
variabel. |
Persamaan dan Pertidaksamaan
Linear satu Variabel ●
Pernyataan ●
Kalimat
terbuka ●
Penyelesaian
persamaan linear satu variabel dan pertidaksamaan linear satu variable |
●
Mencermati
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan linear satu
variabel. Misal: panas benda dengan ukuran panjang, kecepatan dan jarak
tempuh ●
Mengumpulkan
informasi penyelesaian persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel melalui manipulasi aljabar untuk
menentukan bentuk paling sederhana ●
Menyajikan
hasil pembelajaran tentang ●
Memecahkan
masalah tentang persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variable |
Tugas § Tugas
terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan persamaan linear satu variable § Tugas
mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi tentang persamaan linear satu variabel Observasi Pengamatan selama KBM tentang: § ketelitian § rasa
ingin tahu § dll. Portofolio Mengumpulkan bahan dan
literatur berkaitan dengan persamaan linear satu
variabel
dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan Tes Tes tertulis: mengerjakan
soal-soal berkaitan dengan menentukan persamaan linear satu variabel |
20 JP |
Buku teks
matematika Kemdikbud Edisi Revisi 2016 kelas VII Hal.249-294 , lingkungan, alat peraga |
|
|
§ |
|
|
|
Sakkoli,
15 Juli 2019
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
HUSNAENI,
S.Pd. SELLY
TRIANI RESKI, S.Pd.
NIP.
19720727 199803 2 011 NIP.
19930205 201902 2 004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar