Minggu, 14 Juni 2020

Silabus Mapel MM Kelas 7 Semester 1

SILABUS MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Satuan Pendidikan      :  SMP NEGERI 5 SAJOANGING

Kelas/ Semester           :  VII/ Ganjil

Tahun Pelajaran           :  2019/2020

Kompetensi Inti          : 

KI 1

:

Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

KI 2

:

Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

KI 3

:

Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

KI 4

:

Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Kompetensi dasar yang berkenaan dengan sikap spiritual (KD pada KI-1) dan sikap sosial (KD pada KI-2) ditumbuhkan melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu melalui pembelajaran kompetensi pengetahuan (KD pada KI-3) dan kompetensi keterampilan (KD pada KI-4), pembiasaan dan keteladanan. Pembelajaran langsung berkenaan dengan pembelajaran yang menyangkut KD yang dikembangkan dari KI-3 dan KI-4. Keduanya, dikembangkan secara bersamaan dalam suatu proses pembelajaran dan menjadi wahana untuk mengembangkan KD pada KI-1 dan KI-2.

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

1.1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

 

 

 

 

 

2.1 Menunjukkan sikap jujur, tertib dan mengikuti aturan, konsisten, disiplin waktu, ulet, cermat dan teliti, maju berkelanjutan, bertanggung jawab, berpikir logis, kritis, dan, kreatif serta memiliki rasa senang, ingin tahu, ketertarikan pada ilmu pengetahuan, sikap

terbuka, percaya diri, santun, objektif, dan menghargai.

 

 

 

 

 

3.1.     Menjelaskan dan menentukan urutan pada bilangan bulat (positif dan negatif) dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen);

3.2.     Menjelaskan dan melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi;

3.3.     Menjelaskan dan menentukan representasi bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat positif dan negatif;

4.1.     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan urutan beberapa bilangan bulat dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen);

4.2.     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan;

4.3.     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan dalam bentuk  bilangan berpangkat bulat positif dan negatif.

 

Bilangan Bulat dan Pecahan

    Membandingkanbilangan bulat dan pecahan

    Mengurutkan bilangan bulat dan pecahan

    Operasi dan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan

    Mengubah bentuk bilangan pecahan

    Menyatakan bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat positif

    Kelipatan persekutuan terkecil (KPK)

    Faktor persekutuan terbesar (FPB)

 

    Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan penggunaan bilangan bulat, Misal: zona pembagian waktu berdasarkan GMT (Greenwich Meredian Time), hasil pengukuran suhu dengan termometer, kedalaman di bawah permukaan laut, ketinggian gedung, pohon atau daratan

    Mencermati urutan bilangan, sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat, kelipatan persekutuan dan faktor persekutuan serta penerapannya

    Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan penggunaan pecahan. Misal: pembagian potongan kue, potongan buah, potongan gambar, potongan selembar kain/kertas, pembagian air dalam gelas, dan sebagainya

    Mengumpulkan informasi tentang KPK dan FPB serta dua teknik menemukannya (pohon faktor dan pembagian bersusun)

    Mengumpulkan informasi tentang bagaimana menyatakan bilangan dalam bentuk pangkat bulat

    Mengumpulkan informasi tentang sifat-sifat penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, perkalian dan pembagian pada bilangan bulat dan pecahan

    Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran tentang perbandingan bilangan bulat, penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, perkalian dan pembagian bilangan bulat, kelipatan dan faktor bilangan bulat, perbandingan bilangan pecahan, pengali dan pembagi bilangan pecahan, dan bilangan rasional

    Memecahkan masalah yang berkaitan dengan perbandingan bilangan bulat, penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, perkalian dan pembagian bilangan bulat, kelipatan dan faktor bilangan bulat, perbandingan bilangan pecahan, pengali dan pembagi bilangan pecahan, dan bilangan rasional

 

Tugas

§  Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan bilangan bulat

§  Tugas mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi tentang bilangan bulat

Observasi

Pengamatan selama KBM tentang:

§  ketelitian

§  rasa ingin tahu

§  dll.

 

Portofolio

Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan bilangan bulat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun,  didiskusikan dan direfleksikan

 

 

Tes

Tes tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan menentukan bilangan bulat

23 JP

Buku teks matematika Kemdikbud Edisi Revisi 2016 kelas VII Hal.    5-102         , lingkungan, alat peraga

3.4    Menjelaskan himpunan, himpunan bagian,himpunan semesta, himpunan kosong,komplemen himpunan dan melakukan operasi biner pada himpunan menggunakan masalah konstekstual

4.4    Menyelesaikan masalah konstekstual yang berkaitan dengan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan, dan operasi biner pada himpunan

 

Himpunan

    Menyatakan himpunan

    Himpunan bagian, kosong,  semesta

    Hubungan antar himpunan

    Operasi pada himpunan

    Komplemen himpunan

 

    Mengamati penggunaan himpunan dalam kehidupan sehari-hari. Misal: kumpulan hewan, tumbuhan, buah-buahan, kendaraan bermotor, alat tulis, suku-suku yang ada di Indonesia.

    Mencermati permasalahan yang berkaitan dengan himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, anggota himpunan, himpunan kuasa, kesamaan dua himpunan, irisan antar himpunan, gabungan antar himpunan, komplemen himpunan, selisih, dan sifat-sifat operasi himpunan

    Mengumpulkan informasi mengenai sifat identitas, sifat komutatif, sifat asosiatif, dan sifat distributif pada himpunan

    Menyajikan hasil pembelajaran tentang himpunan dan sifat-sifat operasi himpunan

    Memecahkan masalah yang terkait dengan himpunan dan sifat-sifatnya

Tugas

§  Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan himpunan

§  Tugas mandiri tidak terstruktur: menuliskan beberapa benda kedalam kategori yang sama menjadi sebuah himpunan

 

Observasi

Pengamatan selama KBM tentang:

§  ketelitian

§  rasa ingin tahu

§  dll.

 

Portofolio

Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan himpunan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun,  didiskusikan dan direfleksikan

 

Tes

Tes tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan denganhimpunan

17 JP

Buku teks matematika Kemdikbud Edisi Revisi 2016 kelas VII Hal.  113-185            , lingkungan, alat peraga

3.5    Menjelaskan bentuk aljabar dan melakukan operasi pada bentuk aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian)

4.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar dan  operasi pada bentuk aljabar

 

Bentuk Aljabar

    Menjelaskan koefesien, variabel, konstanta, dan suku pada bentuk aljabar

    Operasi hitung bentuk aljabar

    Penyederhanaanbentuk aljabar

    Mencermati masalah sehari- hari yang berkaitan dengan penggunaan konsep bentuk aljabar

    Mencermati bentuk aljabar dari berbagai model bentuk, penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar yang disajikan, cara menyederhanakan bentuk aljabar

    Menyajikan hasil pembelajaran tentang bentuk aljabar, operasi hitung aljabar, dan penyederhanaan bentuk aljabar

    Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar, operasi bentuk aljabar, serta penyederhanaan bentuk aljabar

Tugas

§  Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan bentuk aljabar

§  Tugas mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi tentang bentuk aljabar

 

Observasi

Pengamatan selama KBM tentang:

§  ketelitian

§  rasa ingin tahu

§  dll.

 

Portofolio

Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan bentuk aljabar dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun,  didiskusikan dan direfleksikan

 

Tes

Tes tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan bentuk aljabar

20 JP

Buku teks matematika Kemdikbud Edisi Revisi 2016 kelas VII Hal. 197-240             , lingkungan, alat peraga

3.6    Menjelaskan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan penyelesaiannya.

4.6  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.

 

Persamaan dan Pertidaksamaan Linear satu Variabel

    Pernyataan

    Kalimat terbuka

    Penyelesaian persamaan linear satu variabel dan pertidaksamaan linear satu variable

    Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel. Misal: panas benda dengan ukuran panjang, kecepatan dan jarak tempuh

    Mengumpulkan informasi penyelesaian persamaan  dan pertidaksamaan linear satu variabel melalui manipulasi aljabar untuk menentukan bentuk paling sederhana

    Menyajikan hasil pembelajaran tentang persamaan linear satu variabel, bentuk setara persamaan linear satu variabel, dan konsep pertidaksamaan

    Memecahkan masalah tentang persamaan  dan pertidaksamaan linear satu variable

Tugas

§  Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan persamaan linear satu variable

§  Tugas mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi tentang persamaan linear satu variabel

Observasi

Pengamatan selama KBM tentang:

§  ketelitian

§  rasa ingin tahu

§  dll.

 

Portofolio

Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan persamaan linear satu variabel dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun,  didiskusikan dan direfleksikan

 

 

Tes

Tes tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan menentukan persamaan linear satu variabel

20 JP

Buku teks matematika Kemdikbud Edisi Revisi 2016 kelas VII Hal.249-294              , lingkungan, alat peraga

 

 

§  

 

 

 

 

                                                                                               

Sakkoli, 15 Juli 2019

Mengetahui,                                                                                       

Kepala Sekolah                                   Guru Mata Pelajaran

 

HUSNAENI, S.Pd.                            SELLY TRIANI RESKI, S.Pd.

NIP. 19720727 199803 2 011                        NIP. 19930205 201902 2 004

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler

Bimble Online Matemtaika Kelas 7 Semester Genap

Bismillahi rahmani rahim Kelas Math Online ini telah dapat diakses . belajar online jadi lebih efektif dan materi dapat lebih mudah dime...