Minggu, 14 Juni 2020

Silabus Mapel MM Kelas 7 Semester 2


SILABUS PEMBELAJARAN
SMP / MTs
MATEMATIKA
Nama Sekolah        :   SMP NEGERI 5 SAJOANGING
Kelas/ Semester     :   VII (Tujuh) / Genap
Nama Guru            :   SELLY TRIANI RESKI
NIP / NIK                :   19940205 201902 2 004

SILABUS MATA PELAJARAN MATEMATIKA



Satuan Pendidikan      :  SMP NEGERI 5 SAJOANGING
Kelas/ Semester           :  VII/ Genap
Tahun Pelajaran           :  2019/2020
Kompetensi Inti          : 
KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3
:
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4
:
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi dasar yang berkenaan dengan sikap spiritual (KD pada KI-1) dan sikap sosial (KD pada KI-2) ditumbuhkan melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu melalui pembelajaran kompetensi pengetahuan (KD pada KI-3) dan kompetensi keterampilan (KD pada KI-4), pembiasaan dan keteladanan. Pembelajaran langsung berkenaan dengan pembelajaran yang menyangkut KD yang dikembangkan dari KI-3 dan KI-4. Keduanya, dikembangkan secara bersamaan dalam suatu proses pembelajaran dan menjadi wahana untuk mengembangkan KD pada KI-1 dan KI-2.
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1.  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya





2.1 Menunjukkan sikap jujur, tertib dan mengikuti aturan, konsisten, disiplin waktu, ulet, cermat dan teliti, maju berkelanjutan, bertanggung jawab, berpikir logis, kritis, dan, kreatif serta memiliki rasa senang, ingin tahu, ketertarikan pada ilmu pengetahuan, sikap
terbuka, percaya diri, santun, objektif, dan menghargai.





3.7 Menjelaskan rasio dua besaran (satuannya sama dan berbeda)
3.8  Membedakan perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan menggunakan table data, grafik, dan persamaan
4.7 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rasio dua besaran (satuannya sama dan berbeda)
4.8       Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan senilai dan berbalik nilai
Perbandingan
-    Membandingan dua besaran
-    Perbandingan senilai
-    Perbandingan berbalik nilai
-    Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan penggunaan konsep rasio atau perbandingan. Misal: peta, denah, maket, foto, komposisi bahan makanan pada resep, campuran minuman, dan komposisi obat pada resep obat
-    Mengumpulkan informasi tentang model matematika dari konsep perbandingan sebagai hubungan fungsional antara suatu besaran dengan besaran lain berbentuk perbandingan senilai, perbandingan berbalik nilai
-    Mengumpulkan informasi mengenai strategi menyelesaikan masalah nyata yang melibatkan konsep perbandingan
-    Menyajikan hasil pembelajaran perbandingan senilai dan berbalik nilai
-    Memecahkan masalah yang berkaitan dengan perbandingan senilai dan berbalik nilai
Tugas
§  Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan bilangan bulat
§  Tugas mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi tentang bilangan bulat
Observasi
Pengamatan selama KBM tentang:
§  ketelitian
§  rasa ingin tahu
§  dll.

Portofolio
Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan bilangan bulat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun,  didiskusikan dan direfleksikan


Tes
Tes tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan menentukan bilangan bulat
20 JP
Buku teks matematika Kemdikbud Edisi Revisi 2016 kelas VII Hal.    5-102         , lingkungan, alat peraga
3.9 Mengenal dan menganalisis berbagai situasi terkait aritmetika social (penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal,persentase, bruto, neto, tara)
4.9       Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan aritmetika social (penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto, neto, tara)
Aritmetika Sosial
-    Harga penjualan dan pembelian
-    Keuntungan, kerugian, dan impas
-    Persentase untung dan rugi
-    Diskon
-    Pajak
-    Bruto, tara, dan netto
-    Bunga tunggal
-    Mencermati kegiatan-kegiatan sehari-hari berkaitan dengan transaksi jual beli, kondisi untung, rugi, dan impas
-    Mencermati cara menentukan diskon dan pajak dari suatu barang
-    Mengamati konteks dalam kehidupan di sekitar yang terkait dengan bruto, neto, dan tara
-    Mengumpulkan informasi tentang cara melakukan manipulasi aljabar terhadap permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan artimetika sosial
-    Menyajikan hasil pembelajaran tentang aritmetika sosial
-    Memecahkan masalah yang berkaitan dengan artimetika sosial
Tugas
§  Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan himpunan
§  Tugas mandiri tidak terstruktur: menuliskan beberapa benda kedalam kategori yang sama menjadi sebuah himpunan

Observasi
Pengamatan selama KBM tentang:
§  ketelitian
§  rasa ingin tahu
§  dll.

Portofolio
Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan himpunan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun,  didiskusikan dan direfleksikan

Tes
Tes tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan denganhimpunan
11 JP
Buku teks matematika Kemdikbud Edisi Revisi 2016 kelas VII Hal.  113-185            , lingkungan, alat peraga
3.10 Menganalisis hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal
4.10 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal
Garis dan Sudut
-    Garis
-    Kedudukan garis
-    Membagi garis
-    Perbandingan ruas garis
-    Pengertian sudut
-    Jenis-jenis sudut
-    Hubungan antar sudut
-    Melukis dan sudut
-    Mencermati model gambar atau objek yang menyatakan titik, garis, bidang, atau sudut
-    Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan penerapan garis dan sudut
-    Mencermati kedudukan dua garis, jenis-jenis sudut, hubungan antar sudut
-    Mencermati sudut-sudut yang terbentuk dari dua garis yang dipotong oleh garis transversal
-    Mencermati cara melukis dan membagi sudut menggunakan jangka
-    Menyajikan hasil pembelajaran tentang garis dan sudut
-    Memecahkan masalah yang berkaitan dengan garis dan sudut
Tugas
§  Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan bentuk aljabar
§  Tugas mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi tentang bentuk aljabar

Observasi
Pengamatan selama KBM tentang:
§  ketelitian
§  rasa ingin tahu
§  dll.

Portofolio
Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan bentuk aljabar dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun,  didiskusikan dan direfleksikan

Tes
Tes tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan bentuk aljabar
15JP
Buku teks matematika Kemdikbud Edisi Revisi 2016 kelas VII Hal. 197-240             , lingkungan, alat peraga
3.11 Mengaitkan rumus keliling dan luas untuk berbagai jenis segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajar genjang, trapezium, dan lyang-layang) dan segitiga
4.11    Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas dan keliling  segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajar genjang, trapezium, dan layang-layang) dan segitiga
Bangun Datar (Segiempat dan segitiga)
   Pengertian segi empat dan segitiga
   Jenis-jenis dan sifat-sifat bangun datar
   Keliling dan luas segi empat dan segitiga
   Menaksir luas bangun datar yang tak beraturan










    Mencermati benda di lingkungan sekitar berkaitan  dengan bentuk segitiga dan segiempat
    Mengumpulkan informasi tentang unsur-unsur pada segiempat dan segitiga
    Mengumpulkan informasi tentang jenis, sifat dan karakteristik segitiga dan segiempat berdasarkan ukuran dan hubungan antar sudut dan sisi-sisi
    Mengumpulkan informasi tentang rumus keliling dan luas segiempat dan segitiga melalui pengamatan atau eksperimen
    Mengumpulkan informasi tentang cara menaksir luas bangun datar tidak beraturan menggunakan pendekatan luas segitiga dan segiempat
    Menyajikan hasil pembelajaran tentang segiempat dan segitiga
    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan segiempat dan segitiga
Tugas
§  Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan bangun Datar (segiempat dan segitiga)
§  Tugas mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi tentang bangun Datar (segiempat dan segitiga)
Observasi
Pengamatan selama KBM tentang:
§  ketelitian
§  rasa ingin tahu
§  dll.

Portofolio
Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan bangun Datar (segiempat dan segitiga)dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun,  didiskusikan dan direfleksikan
Tes
Tes tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan bangun datar (segiempat dan segitiga)
21 JP
Buku teks matematika Kemdikbud Edisi Revisi 2016 kelas VII Hal., lingkungan, alat peraga
3.12 Menganalisis hubungan antara data dengan cara penyajiannya (tabel, diagram garis, diagram batang,  dan diagram lingkaran)
4.12 Menyajikan dan menafsirkan data dalam bentuk tabel, diagram garis,  diagram batang, dan diagram lingkaran
Penyajian Data:
   Jenis data
   Tabel
   Diagram garis
   Diagram batang
   Diagram lingkaran
    Mencermati penyajian data  tentang informasi di sekitar yang disajikan dengan tabel, ataupun diagram dari berbagai sumber media. Misal: koran, majalah, dan televisi
    Mencermati cara penyajian data dalam bentuk tabel, diagram garis,  diagram batang,  dan diagram lingkaran
    Mengumpulkan informasi tentang jenis data yang sesuai untuk disajikan dalam bentuk bentuk tabel, diagram garis,  diagram batang, dan diagram lingkaran
   Mengumpulkan informasi tentang cara menafsirkan data yang disajikan dalam bentuk tabel, diagram garis,  diagram batang,  dan diagram lingkaran
    Menyajikan hasil pembelajaran tentang penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, garis, dan lingkaran
    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, garis, dan lingkaran
Tugas
§  Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan penyajian data
§  Tugas mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi tentang penyajian data

Observasi
Pengamatan selama KBM tentang:
§  ketelitian
§  rasa ingin tahu
§  dll.

Portofolio
Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan penyajian data dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun,  didiskusikan dan direfleksikan
Tes
Tes tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan penyajian data
8 JP
Buku teks matematika Kemdikbud Edisi Revisi 2016 kelas VII Hal., lingkungan, alat peraga

                                                                                              Sakkoli, 6 Januari 2019
Mengetahui,                                                                                       
Kepala Sekolah                                                 Guru Mata Pelajaran

HUSNAENI, S.Pd.                                            SELLY TRIANI RESKI, S.Pd.
NIP. 19720727 199803 2 011                              NIP. 19930205 201902 2 004


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler

Bimble Online Matemtaika Kelas 7 Semester Genap

Bismillahi rahmani rahim Kelas Math Online ini telah dapat diakses . belajar online jadi lebih efektif dan materi dapat lebih mudah dime...