SILABUS PEMBELAJARAN
SMP / MTs
|
MATEMATIKA
Nama
Sekolah : SMP NEGERI 5 SAJOANGING
Kelas/ Semester : VII (Tujuh) / Genap
Nama Guru : SELLY
TRIANI RESKI
|
SILABUS
MATA PELAJARAN MATEMATIKA
Satuan Pendidikan :
SMP NEGERI 5 SAJOANGING
Kelas/ Semester :
VII/ Genap
Tahun Pelajaran :
2019/2020
Kompetensi Inti :
KI 1
|
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
KI 3
|
:
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori
|
Kompetensi dasar yang
berkenaan dengan sikap spiritual (KD pada KI-1) dan sikap sosial (KD pada KI-2)
ditumbuhkan melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching),
yaitu melalui pembelajaran kompetensi pengetahuan (KD pada KI-3) dan kompetensi
keterampilan (KD pada KI-4), pembiasaan dan keteladanan. Pembelajaran langsung
berkenaan dengan pembelajaran yang menyangkut KD yang dikembangkan dari KI-3
dan KI-4. Keduanya, dikembangkan secara bersamaan dalam suatu proses
pembelajaran dan menjadi wahana untuk mengembangkan KD pada KI-1 dan KI-2.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
|||||
2.1 Menunjukkan
sikap jujur, tertib dan mengikuti aturan, konsisten, disiplin waktu, ulet,
cermat dan teliti, maju berkelanjutan, bertanggung jawab, berpikir logis,
kritis, dan, kreatif serta memiliki rasa senang, ingin tahu, ketertarikan
pada ilmu pengetahuan, sikap
terbuka, percaya
diri, santun, objektif, dan menghargai.
|
|||||
3.7 Menjelaskan rasio dua besaran (satuannya sama dan berbeda)
3.8 Membedakan
perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan menggunakan table data,
grafik, dan persamaan
4.7 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rasio dua
besaran (satuannya sama dan berbeda)
4.8 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan perbandingan senilai dan berbalik nilai
|
Perbandingan
-
Membandingan dua besaran
-
Perbandingan senilai
-
Perbandingan berbalik nilai
|
-
Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan
penggunaan konsep rasio atau perbandingan. Misal: peta, denah, maket, foto,
komposisi bahan makanan pada resep, campuran minuman, dan komposisi obat pada
resep obat
-
Mengumpulkan informasi tentang model matematika dari
konsep perbandingan sebagai hubungan fungsional antara suatu besaran dengan
besaran lain berbentuk perbandingan senilai, perbandingan berbalik nilai
-
Mengumpulkan informasi mengenai strategi menyelesaikan
masalah nyata yang melibatkan konsep perbandingan
-
Menyajikan hasil pembelajaran perbandingan senilai dan
berbalik nilai
-
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan perbandingan
senilai dan berbalik nilai
|
Tugas
§ Tugas
terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan bilangan bulat
§ Tugas
mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi tentang bilangan bulat
Observasi
Pengamatan selama KBM tentang:
§ ketelitian
§ rasa
ingin tahu
§ dll.
Portofolio
Mengumpulkan bahan dan literatur
berkaitan dengan bilangan bulat
dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
Tes
Tes tertulis: mengerjakan soal-soal
berkaitan dengan menentukan bilangan
bulat
|
20 JP
|
Buku teks matematika
Kemdikbud Edisi Revisi 2016 kelas VII Hal.
5-102 , lingkungan, alat peraga
|
3.9 Mengenal dan menganalisis berbagai situasi terkait
aritmetika social (penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian,
bunga tunggal,persentase, bruto, neto, tara)
4.9 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan aritmetika social (penjualan, pembelian,
potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto, neto, tara)
|
Aritmetika Sosial
-
Harga penjualan dan pembelian
-
Keuntungan, kerugian, dan impas
-
Persentase untung dan rugi
-
Diskon
-
Pajak
-
Bruto, tara, dan netto
-
Bunga tunggal
|
-
Mencermati kegiatan-kegiatan sehari-hari berkaitan dengan
transaksi jual beli, kondisi untung, rugi, dan impas
-
Mencermati cara menentukan diskon dan pajak dari suatu barang
-
Mengamati konteks dalam kehidupan di sekitar yang terkait
dengan bruto, neto, dan tara
-
Mengumpulkan informasi tentang cara melakukan manipulasi
aljabar terhadap permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan artimetika
sosial
-
Menyajikan hasil pembelajaran tentang aritmetika sosial
-
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan artimetika
sosial
|
Tugas
§ Tugas
terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan himpunan
§ Tugas
mandiri tidak terstruktur: menuliskan
beberapa benda kedalam kategori yang sama menjadi sebuah himpunan
Observasi
Pengamatan selama KBM tentang:
§ ketelitian
§ rasa
ingin tahu
§ dll.
Portofolio
Mengumpulkan bahan dan literatur
berkaitan dengan himpunan
dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
Tes
Tes tertulis: mengerjakan soal-soal
berkaitan denganhimpunan
|
11 JP
|
Buku teks matematika
Kemdikbud Edisi Revisi 2016 kelas VII Hal.
113-185 , lingkungan, alat peraga
|
3.10 Menganalisis hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua
garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal
4.10 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antar
sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis
transversal
|
Garis dan Sudut
-
Garis
-
Kedudukan garis
-
Membagi garis
-
Perbandingan ruas garis
-
Pengertian sudut
-
Jenis-jenis sudut
-
Hubungan antar sudut
-
Melukis dan sudut
|
-
Mencermati model gambar atau objek yang menyatakan titik,
garis, bidang, atau sudut
-
Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan
penerapan garis dan sudut
-
Mencermati kedudukan dua garis, jenis-jenis sudut,
hubungan antar sudut
-
Mencermati sudut-sudut yang terbentuk dari dua garis yang
dipotong oleh garis transversal
-
Mencermati cara melukis dan membagi sudut menggunakan
jangka
-
Menyajikan hasil pembelajaran tentang garis dan sudut
-
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan garis dan sudut
|
Tugas
§ Tugas
terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan bentuk aljabar
§ Tugas
mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi tentang bentuk aljabar
Observasi
Pengamatan selama KBM tentang:
§ ketelitian
§ rasa
ingin tahu
§ dll.
Portofolio
Mengumpulkan bahan dan literatur
berkaitan dengan bentuk aljabar
dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
Tes
Tes tertulis: mengerjakan soal-soal
berkaitan dengan bentuk
aljabar
|
15JP
|
Buku teks matematika
Kemdikbud Edisi Revisi 2016 kelas VII Hal. 197-240 , lingkungan, alat peraga
|
3.11 Mengaitkan rumus keliling dan luas untuk berbagai jenis
segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajar genjang, trapezium,
dan lyang-layang) dan segitiga
4.11 Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas dan keliling segiempat (persegi, persegipanjang,
belahketupat, jajar genjang, trapezium, dan layang-layang) dan segitiga
|
Bangun Datar (Segiempat dan
segitiga)
●
Pengertian segi
empat dan segitiga
●
Jenis-jenis dan
sifat-sifat bangun datar
●
Keliling dan luas
segi empat dan segitiga
●
Menaksir luas bangun
datar yang tak beraturan
|
●
Mencermati benda di lingkungan
sekitar berkaitan dengan bentuk
segitiga dan segiempat
●
Mengumpulkan informasi tentang
unsur-unsur pada segiempat dan segitiga
●
Mengumpulkan informasi tentang
jenis, sifat dan karakteristik segitiga dan segiempat berdasarkan ukuran dan
hubungan antar sudut dan sisi-sisi
●
Mengumpulkan informasi tentang
rumus keliling dan luas segiempat dan segitiga melalui pengamatan atau
eksperimen
●
Mengumpulkan informasi tentang
cara menaksir luas bangun datar tidak beraturan menggunakan pendekatan luas
segitiga dan segiempat
●
Menyajikan hasil pembelajaran
tentang segiempat dan segitiga
●
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan segiempat dan segitiga
|
Tugas
§ Tugas
terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan bangun Datar
(segiempat dan segitiga)
§ Tugas
mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi tentang bangun
Datar (segiempat dan segitiga)
Observasi
Pengamatan selama KBM tentang:
§ ketelitian
§ rasa
ingin tahu
§ dll.
Portofolio
Mengumpulkan bahan dan literatur
berkaitan dengan bangun Datar (segiempat dan segitiga)dalam kehidupan
sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan
Tes
Tes tertulis: mengerjakan soal-soal
berkaitan dengan bangun datar
(segiempat dan segitiga)
|
21 JP
|
Buku teks matematika
Kemdikbud Edisi Revisi 2016 kelas VII Hal., lingkungan, alat peraga
|
3.12 Menganalisis hubungan antara
data dengan cara penyajiannya (tabel, diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran)
4.12 Menyajikan dan menafsirkan data
dalam bentuk tabel, diagram garis,
diagram batang, dan diagram lingkaran
|
Penyajian Data:
●
Jenis data
●
Tabel
●
Diagram garis
●
Diagram batang
●
Diagram lingkaran
|
●
Mencermati penyajian data tentang informasi di sekitar yang disajikan
dengan tabel, ataupun diagram dari berbagai sumber media. Misal: koran,
majalah, dan televisi
●
Mencermati cara penyajian data
dalam bentuk tabel, diagram garis,
diagram batang, dan diagram
lingkaran
●
Mengumpulkan informasi tentang
jenis data yang sesuai untuk disajikan dalam bentuk bentuk tabel, diagram
garis, diagram batang, dan diagram
lingkaran
●
Mengumpulkan informasi tentang
cara menafsirkan data yang disajikan dalam bentuk tabel, diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran
●
Menyajikan hasil pembelajaran
tentang penyajian data
●
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, garis,
dan lingkaran
|
Tugas
§ Tugas
terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan penyajian data
§ Tugas
mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi tentang penyajian data
Observasi
Pengamatan selama KBM tentang:
§ ketelitian
§ rasa
ingin tahu
§ dll.
Portofolio
Mengumpulkan bahan dan literatur
berkaitan dengan penyajian data dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
Tes
Tes tertulis: mengerjakan soal-soal
berkaitan dengan penyajian data
|
8 JP
|
Buku teks matematika
Kemdikbud Edisi Revisi 2016 kelas VII Hal., lingkungan, alat peraga
|
Sakkoli, 6 Januari 2019
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
HUSNAENI, S.Pd. SELLY
TRIANI RESKI, S.Pd.
NIP. 19720727 199803 2 011 NIP.
19930205 201902 2 004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar